tanggal baik untuk menikah 2023 menurut jawa

Halo, selamat datang di konet.co.id

Menikah merupakan salah satu momen terpenting dalam hidup seseorang. Dalam tradisi Jawa, pemilihan tanggal baik untuk menikah sangatlah dipertimbangkan. Dipercaya bahwa tanggal baik dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan bagi pasangan yang menikah. Nah, artikel ini akan mengupas tuntas tanggal-tanggal baik untuk menikah pada tahun 2023 menurut tradisi Jawa.

Pendahuluan

Tradisi Jawa memiliki sistem penanggalan tersendiri yang disebut Kalender Jawa. Kalender ini didasarkan pada perhitungan siklus bulan dan matahari. Menurut kepercayaan Jawa, setiap hari dalam Kalender Jawa memiliki karakteristik dan energi yang berbeda-beda.

Dalam hal pernikahan, masyarakat Jawa percaya bahwa ada hari-hari tertentu yang dianggap baik untuk menikah. Hari-hari ini dipilih berdasarkan perhitungan weton, yaitu perhitungan hari lahir seseorang berdasarkan tanggal lahirnya. Weton dipercaya dapat memberikan gambaran tentang sifat, karakter, dan rezeki seseorang.

Selain weton, penentuan tanggal baik untuk menikah juga mempertimbangkan hari pasaran, yaitu hari dalam seminggu yang dihitung berdasarkan tanggal lahir pasangan. Kombinasi weton dan hari pasaran inilah yang akan menentukan tanggal baik untuk menikah.

Pertimbangan lainnya dalam memilih tanggal baik untuk menikah adalah neptu. Neptu adalah nilai numerik yang diperoleh dari penjumlahan weton dan hari pasaran. Neptu yang tinggi dipercaya membawa keberuntungan dan kebahagiaan bagi pasangan yang menikah.

Tahun 2023 merupakan tahun yang baik untuk menikah menurut tradisi Jawa. Ada banyak tanggal baik yang bisa dipilih untuk melangsungkan pernikahan. Berikut beberapa di antaranya:

Tanggal Baik Menikah 2023 Menurut Weton

Setiap weton memiliki tanggal baik yang berbeda-beda untuk menikah. Berikut adalah beberapa tanggal baik untuk menikah pada tahun 2023 berdasarkan weton:

Weton Senin Pon

Tanggal baik: 18 Maret, 17 April, 15 Mei, 13 Juni, 11 Juli, 9 Agustus, 7 September, 5 Oktober, 3 November, dan 1 Desember.

Weton Selasa Wage

Tanggal baik: 19 Maret, 18 April, 16 Mei, 14 Juni, 12 Juli, 10 Agustus, 8 September, 6 Oktober, 4 November, dan 2 Desember.

Weton Rabu Kliwon

Tanggal baik: 20 Maret, 19 April, 17 Mei, 15 Juni, 13 Juli, 11 Agustus, 9 September, 7 Oktober, 5 November, dan 3 Desember.

Weton Kamis Legi

Tanggal baik: 21 Maret, 20 April, 18 Mei, 16 Juni, 14 Juli, 12 Agustus, 10 September, 8 Oktober, 6 November, dan 4 Desember.

Weton Jumat Pahing

Tanggal baik: 22 Maret, 21 April, 19 Mei, 17 Juni, 15 Juli, 13 Agustus, 11 September, 9 Oktober, 7 November, dan 5 Desember.

Kelebihan Tanggal Baik Menikah 2023 Menurut Jawa

Memilih tanggal baik untuk menikah pada tahun 2023 menurut tradisi Jawa memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

Membawa Kebahagiaan dan Keberuntungan

Masyarakat Jawa percaya bahwa menikah pada tanggal baik akan membawa kebahagiaan dan keberuntungan bagi pasangan yang menikah. Hal ini karena tanggal baik dipercaya memiliki energi positif yang dapat membawa keberkahan dalam pernikahan.

Menguatkan Ikatan Pernikahan

Menikah pada tanggal baik juga dipercaya dapat memperkuat ikatan pernikahan. Pasalnya, tanggal baik memiliki aura yang positif sehingga dapat menumbuhkan rasa cinta, kasih sayang, dan saling pengertian antara pasangan.

Menghindari Kesialan

Menurut kepercayaan Jawa, menikah pada tanggal buruk dapat membawa kesialan bagi pasangan yang menikah. Oleh karena itu, memilih tanggal baik untuk menikah dapat membantu menghindari kesialan dan membawa kebahagiaan dalam pernikahan.

Kekurangan Tanggal Baik Menikah 2023 Menurut Jawa

Di samping kelebihannya, memilih tanggal baik untuk menikah pada tahun 2023 menurut tradisi Jawa juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

Terbatasnya Pilihan Tanggal

Sistem penanggalan Jawa memiliki siklus yang terbatas. Hal ini membuat jumlah tanggal baik untuk menikah pada tahun tertentu menjadi terbatas pula. Akibatnya, pasangan yang ingin menikah pada tanggal tertentu mungkin harus menyesuaikan rencana mereka.

Tidak Selalu Akurat

Perhitungan tanggal baik untuk menikah berdasarkan tradisi Jawa tidak selalu akurat. Hal ini karena perhitungan tersebut didasarkan pada kepercayaan dan tradisi yang diturunkan dari generasi ke generasi. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa tanggal yang dianggap baik ternyata tidak membawa keberuntungan bagi pasangan yang menikah.

Biaya Mahal

Dalam beberapa kasus, memilih tanggal baik untuk menikah dapat menimbulkan biaya yang mahal. Hal ini karena banyak vendor pernikahan, seperti gedung pernikahan dan fotografer, memasang tarif yang lebih tinggi untuk tanggal-tanggal baik.

Tabel Tanggal Baik Menikah 2023 Menurut Jawa

Berikut adalah tabel yang berisi informasi lengkap tentang tanggal baik untuk menikah pada tahun 2023 menurut tradisi Jawa:

Weton Tanggal Baik Neptu
Senin Pon 18 Maret, 17 April, 15 Mei, 13 Juni, 11 Juli, 9 Agustus, 7 September, 5 Oktober, 3 November, 1 Desember 11
Selasa Wage 19 Maret, 18 April, 16 Mei, 14 Juni, 12 Juli, 10 Agustus, 8 September, 6 Oktober, 4 November, 2 Desember 10
Rabu Kliwon 20 Maret, 19 April, 17 Mei, 15 Juni, 13 Juli, 11 Agustus, 9 September, 7 Oktober, 5 November, 3 Desember 11
Kamis Legi 21 Maret, 20 April, 18 Mei, 16 Juni, 14 Juli, 12 Agustus, 10 September, 8 Oktober, 6 November, 4 Desember 10
Jumat Pahing 22 Maret, 21 April, 19 Mei, 17 Juni, 15 Juli, 13 Agustus, 11 September, 9 Oktober, 7 November, 5 Desember 11

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar tanggal baik untuk menikah pada tahun 2023 menurut tradisi Jawa:

1. Bagaimana cara menentukan tanggal baik untuk menikah menurut tradisi Jawa?

Tanggal baik untuk menikah ditentukan berdasarkan perhitungan weton dan hari pasaran pasangan yang menikah.

2. Apa itu neptu dan bagaimana cara menghitungnya?

Neptu adalah nilai numerik yang diperoleh dari penjumlahan weton dan hari pasaran. Untuk menghitung neptu, weton dijumlahkan dengan hari pasaran.

3. Apakah semua tanggal yang tertera dalam tabel di atas termasuk tanggal baik untuk menikah?

Ya, semua tanggal yang tertera dalam tabel di atas termasuk tanggal baik untuk menikah menurut tradisi Jawa.

4. Apakah tanggal baik untuk menikah bisa berubah setiap tahun?

Ya, tanggal baik untuk menikah berubah setiap tahun karena sistem penanggalan Jawa memiliki siklus yang terbatas.

5. Bagaimana jika saya ingin menikah pada tanggal yang tidak termasuk tanggal baik?

Jika Anda ingin menikah pada tanggal yang tidak termasuk tanggal baik, Anda tetap bisa melangsungkan pernikahan. Namun, Anda harus siap dengan kemungkinan bahwa pernikahan Anda tidak membawa keberuntungan menurut kepercayaan Jawa.

6. Apakah tradisi Jawa tentang tanggal baik untuk menikah masih relevan saat ini?

Tradisi Jawa tentang tanggal baik untuk menikah masih relevan saat ini, terutama bagi masyarakat Jawa yang masih memegang teguh adat dan kepercayaan.

7. Apakah tanggal baik untuk menikah dapat menjamin kebahagiaan dalam pernikahan?

Tidak, tanggal baik untuk menikah tidak dapat menjamin kebahagiaan dalam pernikahan. Kebahagiaan dalam pernikahan sangat bergantung pada usaha dan komitmen pasangan yang menikah.

Kesimpulan

Menikah pada tanggal baik menurut tradisi Jawa