pengertian sejarah menurut kbbi yaitu seperti di bawah ini kecuali

Kata Pengantar

Halo, selamat datang di konet.co.id. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas secara mendalam tentang pengertian sejarah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pemahaman yang komprehensif tentang sejarah sangat penting untuk mengembangkan perspektif yang tepat tentang masa lalu, sekarang, dan masa depan.

Sejarah merupakan bidang studi yang menarik dan bermanfaat, yang memungkinkan kita untuk menjelajahi peristiwa dan tren masa lalu untuk mendapatkan wawasan yang berharga. Melalui sejarah, kita dapat memahami asal-usul masyarakat kita, belajar dari kesalahan masa lalu, dan membuat keputusan yang lebih baik untuk masa depan.

Pendahuluan

Sejarah berasal dari bahasa Arab “syajaratun” yang berarti pohon atau silsilah. Dalam KBBI, sejarah didefinisikan sebagai:

  1. Kesusasteraan tentang masa lampau.
  2. Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
  3. Silsilah (keturunan).
  4. Asal-usul.
  5. Tokoh atau peristiwa penting pada masa lampau.
  6. Catatan tentang peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lampau.
  7. Masa lampau itu sendiri.

Definisi-definisi ini memberikan gambaran luas tentang ruang lingkup sejarah, yang mencakup studi tentang peristiwa masa lalu, pencatatan kejadian, dan pencarian asal-usul serta perkembangan.

Pengertian Sejarah Menurut KBBI: Kecuali

Meskipun definisi yang diberikan oleh KBBI cukup komprehensif, terdapat satu pengecualian penting:

Fiksi

Fiksi adalah bentuk karya sastra yang diciptakan dari imajinasi dan tidak didasarkan pada peristiwa nyata. Berbeda dengan sejarah, yang berfokus pada penggambaran peristiwa masa lalu secara akurat.

Kelebihan Pengertian Sejarah Menurut KBBI

Definisi sejarah menurut KBBI memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Komprehensif: KBBI memberikan definisi yang luas dan mencakup berbagai aspek sejarah, termasuk peristiwa masa lalu, pencatatan kejadian, dan asal-usul.
  • Mudah Dipahami: Definisi yang diberikan mudah dipahami oleh masyarakat umum, tidak memerlukan pengetahuan khusus di bidang sejarah.
  • Standar: KBBI adalah referensi resmi untuk bahasa Indonesia, sehingga definisi yang diberikan dapat diterima secara luas.
  • Praktis: Definisi KBBI dapat diterapkan dalam berbagai konteks, baik dalam pendidikan, penelitian, maupun penggunaan sehari-hari.

Kekurangan Pengertian Sejarah Menurut KBBI

Meskipun memiliki kelebihan, definisi sejarah menurut KBBI juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Terlalu Umum: Definisi yang diberikan terlalu umum dan tidak memberikan penjelasan rinci tentang berbagai aspek sejarah, seperti metode penelitian dan interpretasi.
  • Tidak Mencakup Perspektif Historiografi: KBBI tidak membahas perspektif historiografi yang berbeda, yang dapat memengaruhi cara sejarawan merekonstruksi dan menafsirkan sejarah.
  • Tidak Mencakup Pengaruh Budaya: Definisi KBBI tidak mempertimbangkan pengaruh budaya pada pembentukan dan pemahaman sejarah.

Contoh Pengertian Sejarah Menurut KBBI

Untuk lebih memahami pengertian sejarah menurut KBBI, berikut adalah beberapa contoh:

  • Buku “Sejarah Indonesia” karya Sartono Kartodirdjo dan Djokosuryo membahas tentang peristiwa dan kejadian di masa lalu Indonesia.
  • Dokumen “Proklamasi Kemerdekaan Indonesia” merupakan catatan tentang peristiwa penting pada masa perjuangan bangsa Indonesia.
  • Silsilah keluarga dapat dianggap sebagai sejarah karena memuat informasi tentang asal-usul dan keturunan.

Tabel Pengertian Sejarah Menurut KBBI

No. Definisi Penjelasan
1 Kesusasteraan tentang masa lampau Karya tulis yang membahas peristiwa dan kejadian di masa lalu.
2 Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau Peristiwa nyata yang telah terjadi dan dapat dibuktikan melalui sumber sejarah.
3 Silsilah (keturunan) Catatan tentang asal-usul dan hubungan keluarga.
4 Asal-usul Awal mula atau proses Entstehung suatu benda atau peristiwa.
5 Tokoh atau peristiwa penting pada masa lampau Individu atau kejadian yang memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan suatu masyarakat.
6 Catatan tentang peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lampau Dokumen atau rekaman yang mengabadikan peristiwa sejarah.
7 Masa lampau itu sendiri Periode waktu yang telah berlalu.

FAQ tentang Pengertian Sejarah Menurut KBBI

  1. Apa pengertian sejarah menurut KBBI?
  2. Apa saja kelebihan pengertian sejarah menurut KBBI?
  3. Apa saja kekurangan pengertian sejarah menurut KBBI?
  4. Bagaimana cara memahami pengertian sejarah menurut KBBI?
  5. Apa saja contoh pengertian sejarah menurut KBBI?
  6. Apakah fiksi termasuk dalam pengertian sejarah menurut KBBI?
  7. Bagaimana KBBI mendefinisikan tokoh sejarah?
  8. Apakah pengertian sejarah menurut KBBI termasuk peristiwa di masa depan?
  9. Apakah sejarah hanya terbatas pada peristiwa politik?
  10. Bagaimana pengertian sejarah menurut KBBI diterapkan dalam kehidupan sehari-hari?
  11. Apakah setiap peristiwa masa lalu dapat disebut sejarah?
  12. Apa perbedaan antara sejarah dan legenda?
  13. Mengapa penting untuk memahami pengertian sejarah menurut KBBI?

Kesimpulan

Pengertian sejarah menurut KBBI memberikan landasan yang komprehensif untuk memahami bidang studi ini. Meskipun memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, definisi KBBI dapat diterima secara luas dan memberikan gambaran yang baik tentang ruang lingkup dan aspek-aspek penting sejarah.

Memahami pengertian sejarah sangat penting karena memungkinkan kita untuk menyelidiki masa lalu, belajar dari kesalahan masa lalu, dan membuat keputusan yang lebih baik untuk masa depan. Sejarah juga membantu kita mengapresiasi budaya yang berbeda, membangun identitas nasional, dan mengembangkan perspektif global.

Dengan memanfaatkan definisi dan prinsip sejarah yang diuraikan dalam artikel ini, kita dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan tempat kita di dalamnya. Mari kita terus belajar dan mengeksplorasi sejarah untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi semua.

Kata Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian sejarah menurut KBBI. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang komprehensif dan bermanfaat bagi Anda. Teruslah bereksplorasi dan belajar tentang sejarah untuk memperkaya pengetahuan dan mengembangkan wawasan Anda.