pengertian penelitian menurut para ahli

****

**Halo, selamat datang di konet.co.id.**

**Pendahuluan**

Penelitian merupakan suatu proses sistematis dan terorganisir untuk menyelidiki suatu permasalahan atau fenomena dengan tujuan memperoleh pengetahuan baru. Definisi penelitian dapat bervariasi tergantung pada perspektif dan bidang ilmu yang terkait. Para ahli telah mengemukakan beragam pengertian penelitian yang mencerminkan berbagai pendekatan dan fokus penelitian.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas pengertian penelitian menurut para ahli terkemuka di bidang penelitian. Tinjauan ini akan menyoroti persamaan dan perbedaan dalam definisi penelitian serta menyajikan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing definisi. Selain itu, kami juga akan menyajikan tabel ringkasan yang merangkum pengertian penelitian menurut para ahli ini.

Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli

1. Menurut American Psychological Association (APA)

Penelitian adalah proses penyelidikan yang sistematis dan terkontrol untuk menemukan pengetahuan baru atau merevisi pengetahuan yang ada.

2. Menurut Merriam-Webster

Penelitian adalah penyelidikan yang cermat dan sistematis terhadap suatu subjek tertentu.

3. Menurut Creswell

Penelitian adalah suatu proses sistematis dalam mengumpulkan dan menganalisis data untuk memahami fenomena atau masalah tertentu.

4. Menurut Gay dan Airasian

Penelitian adalah proses penyelidikan yang sistematis, terkontrol, dan empiris yang digunakan untuk mengungkap fakta atau prinsip tentang dunia alami atau sosial.

5. Menurut Leedy dan Ormrod

Penelitian adalah suatu proses sistematis dan metodis untuk menyelidiki pertanyaan atau masalah tertentu dengan tujuan memperoleh pengetahuan baru atau merevisi pengetahuan yang ada.

6. Menurut Nachmias dan Nachmias

Penelitian adalah suatu proses penyelidikan yang sistematis dan terencana untuk menambah pengetahuan tentang suatu fenomena tertentu.

7. Menurut Bogdan dan Biklen

Penelitian adalah suatu proses sistematis untuk memperoleh pengetahuan tentang suatu kelompok manusia dan budaya mereka.

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli

**Kelebihan**

Beragamnya pengertian penelitian menunjukkan bahwa tidak ada satu definisi tunggal yang cocok untuk semua jenis penelitian.

Definisi yang berbeda menyoroti aspek-aspek penting dari penelitian, seperti sistematis, terorganisir, dan empiris.

Definisi yang komprehensif mencakup berbagai pendekatan penelitian, mulai dari kuantitatif hingga kualitatif.

**Kekurangan**

Beragamnya pengertian penelitian dapat membingungkan dan menyulitkan peneliti untuk menentukan pendekatan penelitian yang sesuai.

Beberapa definisi penelitian terlalu luas dan tidak memberikan panduan yang jelas tentang cara melakukan penelitian.

Beberapa definisi penelitian terlalu sempit dan tidak mencakup semua jenis penelitian.

Tabel Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli
Ahli Definisi
American Psychological Association (APA) Proses penyelidikan yang sistematis dan terkontrol untuk menemukan pengetahuan baru atau merevisi pengetahuan yang ada.
Merriam-Webster Penyelidikan yang cermat dan sistematis terhadap suatu subjek tertentu.
Creswell Proses sistematis dalam mengumpulkan dan menganalisis data untuk memahami fenomena atau masalah tertentu.
Gay dan Airasian Proses penyelidikan yang sistematis, terkontrol, dan empiris yang digunakan untuk mengungkap fakta atau prinsip tentang dunia alami atau sosial.
Leedy dan Ormrod Proses sistematis dan metodis untuk menyelidiki pertanyaan atau masalah tertentu dengan tujuan memperoleh pengetahuan baru atau merevisi pengetahuan yang ada.
Nachmias dan Nachmias Proses penyelidikan yang sistematis dan terencana untuk menambah pengetahuan tentang suatu fenomena tertentu.
Bogdan dan Biklen Proses sistematis untuk memperoleh pengetahuan tentang suatu kelompok manusia dan budaya mereka.

FAQ

1. Apa perbedaan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif?
2. Bagaimana cara memilih pendekatan penelitian yang tepat?
3. Apa saja kriteria untuk menilai kualitas penelitian?
4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan penelitian?
5. Apa saja manfaat melakukan penelitian?
6. Apa saja kendala yang dihadapi dalam melakukan penelitian?
7. Di mana saya dapat menemukan sumber daya untuk melakukan penelitian?
8. Bagaimana cara mengutip sumber dalam penelitian?
9. Bagaimana cara menulis laporan penelitian?
10. Bagaimana cara mempresentasikan hasil penelitian?
11. Di mana saya dapat mempublikasikan hasil penelitian saya?
12. Bagaimana cara mengevaluasi dampak penelitian saya?
13. Bagaimana cara menjadi peneliti yang baik?

Kesimpulan

Pengertian penelitian menurut para ahli beragam, namun semuanya menyoroti aspek penting dari proses penelitian, seperti sistematis, terorganisir, dan empiris. Memahami berbagai definisi ini sangat penting bagi peneliti untuk memilih pendekatan penelitian yang tepat dan melakukan penelitian yang berkualitas tinggi.

Penelitian memainkan peran penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan pemahaman kita tentang dunia. Dengan melakukan penelitian, kita memperoleh pengetahuan baru, merevisi pengetahuan yang ada, dan menemukan solusi untuk masalah yang kompleks. Mengembangkan keterampilan penelitian yang kuat sangat penting bagi individu yang ingin berkontribusi pada bidang pengetahuan mereka.

Pembaca yang budiman, kami mendorong Anda untuk mengembangkan minat Anda dalam penelitian dan terlibat dalam proses penemuan pengetahuan. Dengan melakukan penelitian, Anda tidak hanya meningkatkan pemahaman Anda tentang dunia, tetapi juga berkontribusi pada penciptaan pengetahuan baru yang dapat membawa manfaat bagi diri Anda, masyarakat, dan generasi mendatang.

Penutup

Artikel ini telah memberikan gambaran yang komprehensif tentang pengertian penelitian menurut para ahli, kelebihan dan kekurangannya, serta berbagai FAQ terkait penelitian. Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam memahami proses penelitian dan menginspirasi Anda untuk melakukan penelitian Anda sendiri.

Kami ingin mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda ke konet.co.id. Kami berkomitmen untuk menyediakan informasi dan sumber daya yang berkualitas tentang berbagai topik, termasuk penelitian. Silahkan kunjungi website kami secara berkala untuk mendapatkan artikel, tutorial, dan kiat terbaru tentang penelitian dan topik terkait lainnya. Terima kasih.