pengertian ilmu ekonomi menurut alfred marshall

Halo selamat datang di konet.co.id

Selamat datang di konet.co.id, portal informasi yang menyajikan berbagai artikel menarik dan berkualitas. Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang pengertian ilmu ekonomi menurut Alfred Marshall, salah satu ekonom terkemuka pada abad ke-19.

Ilmu ekonomi merupakan bidang studi yang penting dalam kehidupan kita. Ilmu ini membantu kita untuk memahami bagaimana individu, bisnis, dan pemerintah membuat keputusan mengenai alokasi sumber daya yang langka. Dengan mempelajari ilmu ekonomi, kita dapat meningkatkan pemahaman kita tentang dunia di sekitar kita dan membuat keputusan yang lebih tepat.

Pendahuluan

Alfred Marshall (1842-1924) adalah seorang ekonom Inggris yang dikenal sebagai “bapak ekonomi neoklasik”. Dia memberikan kontribusi penting pada banyak bidang ekonomi, termasuk teori nilai, distribusi pendapatan, dan kesejahteraan ekonomi.

Marshall mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai “studi tentang manusia dalam urusan kehidupan biasa; upaya mereka untuk mendapatkan dan menggunakan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan mereka yang beragam”. Definisi ini menggarisbawahi bahwa ekonomi adalah bidang studi praktis yang berfokus pada masalah nyata yang dihadapi individu dan masyarakat.

Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi

Marshall membagi ilmu ekonomi menjadi dua cabang utama:

*

Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro adalah studi tentang perilaku individu dan perusahaan dalam pengambilan keputusan ekonomi. Hal ini mencakup topik-topik seperti teori permintaan dan penawaran, perilaku konsumen dan produsen, dan struktur pasar.

*

Ekonomi Makro

Ekonomi makro adalah studi tentang perekonomian secara keseluruhan. Hal ini mencakup topik-topik seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, dan kebijakan fiskal dan moneter.

Metode Ilmiah dalam Ekonomi

Marshall menekankan pentingnya metode ilmiah dalam ekonomi. Dia berpendapat bahwa ekonom harus menggunakan data dan bukti untuk menguji teori mereka. Hal ini sangat kontras dengan pendekatan deduktif yang umum dalam ekonomi klasik, di mana teori didasarkan pada prinsip-prinsip apriori yang tidak diuji secara empiris.

Kelebihan dan Kekurangan Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Alfred Marshall

Definisi ilmu ekonomi menurut Alfred Marshall memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, antara lain:

Kelebihan

* Definisi ini bersifat komprehensif dan mencakup semua aspek utama ilmu ekonomi.
* Definisi ini menekankan aspek praktis dan aplikatif ilmu ekonomi.
* Definisi ini menyoroti pentingnya metode ilmiah dalam ekonomi.

Kekurangan

* Definisi ini terlalu luas dan dapat mengarah pada inklusi topik yang tidak relevan dalam ilmu ekonomi.
* Definisi ini tidak cukup menekankan peran pemerintah dan ekonomi internasional.
* Definisi ini tidak mempertimbangkan perspektif alternatif, seperti ekonomi perilaku atau ekonomi feminis.

Tabel: Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Alfred Marshall

| Aspek | Definisi |
|—|—|
| Definisi | Studi tentang manusia dalam urusan kehidupan biasa, upaya mereka untuk mendapatkan dan menggunakan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan mereka yang beragam |
| Cabang | Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro |
| Metode | Metode ilmiah, menggunakan data dan bukti untuk menguji teori |
| Kelebihan | Komprehensif, praktis, menekankan metode ilmiah |
| Kekurangan | Terlalu luas, tidak cukup menekankan peran pemerintah dan ekonomi internasional, tidak mempertimbangkan perspektif alternatif |

FAQ

1. Apa definisi ilmu ekonomi menurut Alfred Marshall?
2. Apa saja cabang-cabang ilmu ekonomi?
3. Mengapa Marshall menekankan pentingnya metode ilmiah dalam ekonomi?
4. Apa kelebihan definisi ilmu ekonomi menurut Marshall?
5. Apa kekurangan definisi ilmu ekonomi menurut Marshall?
6. Bagaimana definisi Marshall mempengaruhi perkembangan ilmu ekonomi?
7. Apa kritik terhadap definisi Marshall?
8. Apa implikasi definisi Marshall bagi kebijakan ekonomi?
9. Bagaimana definisi Marshall berkontribusi pada pemahaman kita tentang perilaku ekonomi?
10. Apa peran pemerintah dalam definisi Marshall tentang ilmu ekonomi?
11. Bagaimana definisi Marshall mempertimbangkan aspek sosial dan lingkungan?
12. Apa perbedaan antara definisi Marshall dan definisi ekonom lainnya?
13. Bagaimana definisi Marshall relevan dengan dunia ekonomi modern?

Kesimpulan

Definisi ilmu ekonomi menurut Alfred Marshall telah memberikan kontribusi signifikan pada disiplin ini. Definisi ini menggarisbawahi aspek praktis dan aplikatif ilmu ekonomi, serta pentingnya metode ilmiah. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, definisi Marshall tetap menjadi landasan penting dalam teori ekonomi modern.

Dengan mempelajari ilmu ekonomi, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang dunia di sekitar kita dan membuat keputusan yang lebih tepat. Pengetahuan ekonomi sangat penting untuk individu, bisnis, dan pemerintah, karena membantu kita untuk mengelola sumber daya yang langka dan mencapai kesejahteraan ekonomi.

Mari kita semua mengambil kesempatan ini untuk memperdalam pengetahuan ekonomi kita dan menjadi lebih bijaksana dalam keputusan keuangan kita. Dengan memahami ilmu ekonomi, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik bagi diri kita sendiri, keluarga kita, dan masyarakat kita.

Kata Penutup

Terima kasih telah membaca artikel kami tentang pengertian ilmu ekonomi menurut Alfred Marshall. Kami harap artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang subjek penting ini.

Konet.co.id berkomitmen untuk menyediakan konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca kami. Kami akan terus memperbarui situs web kami dengan artikel-artikel baru tentang berbagai topik.

Kami mengundang Anda untuk menjelajahi situs web kami dan menemukan informasi lebih lanjut tentang dunia ekonomi. Terima kasih telah mengunjungi konet.co.id, dan kami berharap dapat melihat Anda lagi segera.