arti mujahadah menurut nu

Halo selamat datang di konet.co.id. Bagi umat Islam, istilah “mujahadah” tidaklah asing. Dalam ajaran Nahdlatul Ulama (NU), mujahadah memiliki arti dan makna yang sangat dalam. Artikel ini akan mengupas tuntas tentang arti mujahadah menurut NU, beserta kelebihan dan kekurangannya.

Pendahuluan

Mujahadah secara bahasa berarti “berjuang”. Dalam konteks keagamaan, mujahadah merujuk pada perjuangan melawan hawa nafsu dan godaan duniawi. Tujuannya adalah untuk mencapai ketaatan yang sempurna kepada Allah SWT.

Dalam ajaran NU, mujahadah memegang peranan penting dalam kehidupan beragama. Ia dipandang sebagai salah satu sarana untuk mencapai kebahagiaan dan kesempurnaan spiritual. Dengan menjalankan mujahadah, seorang Muslim dapat mengendalikan diri, menyingkirkan sifat-sifat buruk, dan meningkatkan kualitas ibadah.

Jenis-Jenis Mujahadah

Mujahadah dapat dibagi menjadi dua jenis utama:

Mujahadah Akhbar

Mujahadah akhbar adalah perjuangan melawan musuh-musuh nyata, seperti penjajah atau orang yang zalim. Dalam konteks ini, mujahadah dilakukan dengan cara membela diri, melindungi agama, dan menegakkan keadilan.

Mujahadah Ashghar

Mujahadah ashghar adalah perjuangan melawan nafsu dan syahwat diri sendiri. Ia merupakan bentuk mujahadah yang lebih sulit, karena musuh yang dihadapi tidak terlihat dan selalu mengiringi manusia sepanjang hidupnya.

Cara Melakukan Mujahadah

Mujahadah bukanlah hal yang mudah. Ia membutuhkan tekad yang kuat dan kesabaran yang tinggi. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan mujahadah:

Mengendalikan Nafsu

Nafsu adalah musuh utama yang harus dilawan dalam mujahadah. Mulailah dengan mengendalikan nafsu makan, tidur, dan keinginan duniawi lainnya. Hindari hal-hal yang dapat memancing hawa nafsu, seperti minuman keras, judi, dan pergaulan bebas.

Beribadah dengan Benar

Ibadah yang benar dapat membantu dalam mengendalikan nafsu dan meningkatkan kualitas spiritual. Rajinlah menjalankan shalat, puasa, membaca Al-Qur’an, dan berdzikir kepada Allah SWT.

Menjauhi Kejahatan

Menjauhi kejahatan juga merupakan bagian dari mujahadah. Hindari berkata buruk, berbuat zalim, dan melakukan perbuatan dosa lainnya. Dengan menjauhi kejahatan, kita dapat menjaga kebersihan hati dan pikiran.

Kelebihan Mujahadah

Menjalankan mujahadah memiliki banyak kelebihan, di antaranya:

Memperoleh Ridha Allah SWT

Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang bermujahadah. Dengan bermujahadah, kita menunjukkan kesungguhan dalam beribadah dan keinginan untuk meraih kedekatan dengan-Nya.

Mencapai Kebahagiaan dan Kesempurnaan

Mujahadah dapat membawa kita pada kebahagiaan dan kesempurnaan sejati. Dengan mengendalikan hawa nafsu dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, kita dapat merasakan ketenangan batin dan kepuasan spiritual.

Memperoleh Pahala yang Besar

Allah SWT telah menjanjikan pahala yang besar bagi orang-orang yang bermujahadah. Pahala tersebut dapat berupa kebahagiaan di dunia dan akhirat, serta ampunan dosa.

Kekurangan Mujahadah

Meskipun memiliki banyak kelebihan, mujahadah juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

Sulit untuk Dijalankan

Melakukan mujahadah bukanlah hal yang mudah. Ia membutuhkan tekad yang kuat dan kesabaran yang tinggi. Bagi sebagian orang, mujahadah dapat terasa berat dan menyiksa.

Dapat Menimbulkan Frustasi

Mujahadah juga dapat menimbulkan rasa frustasi. Hal ini terutama terjadi ketika kita merasa gagal dalam mengendalikan nafsu atau berbuat dosa. Namun, penting untuk diingat bahwa mujahadah adalah sebuah proses. Kegagalan adalah hal yang wajar, dan kita harus terus berusaha.

Dapat Merusak Kesehatan

Jika dilakukan secara berlebihan, mujahadah dapat merusak kesehatan fisik dan mental. Hindari berpuasa terlalu lama, menahan makan atau minum terlalu lama, atau melakukan aktivitas fisik yang berlebihan. Selalu jaga kesehatan dan konsultasikan dengan dokter jika mengalami masalah kesehatan saat melakukan mujahadah.

Jenis Mujahadah Tujuan Cara Melakukan
Mujahadah Akhbar Melawan musuh nyata Membela diri, melindungi agama, menegakkan keadilan
Mujahadah Ashghar Melawan nafsu dan syahwat Mengendalikan nafsu, beribadah dengan benar, menjauhi kejahatan

FAQ

  1. Apa tujuan mujahadah?

    Tujuan mujahadah adalah untuk mencapai ketaatan yang sempurna kepada Allah SWT.

  2. Apa saja jenis-jenis mujahadah?

    Jenis-jenis mujahadah meliputi mujahadah akhbar (melawan musuh nyata) dan mujahadah ashghar (melawan nafsu dan syahwat).

  3. Bagaimana cara melakukan mujahadah?

    Mujahadah dapat dilakukan dengan cara mengendalikan nafsu, beribadah dengan benar, dan menjauhi kejahatan.

  4. Apa saja kelebihan mujahadah?

    Kelebihan mujahadah meliputi memperoleh ridha Allah SWT, mencapai kebahagiaan dan kesempurnaan, serta memperoleh pahala yang besar.

  5. Apa saja kekurangan mujahadah?

    Kekurangan mujahadah meliputi sulit untuk dijalankan, dapat menimbulkan frustasi, dan dapat merusak kesehatan.

  6. Apakah mujahadah hanya dilakukan oleh pria?

    Tidak, mujahadah dapat dilakukan oleh pria maupun wanita.

  7. Apakah mujahadah harus dilakukan seumur hidup?

    Ya, mujahadah harus dilakukan seumur hidup karena hawa nafsu dan godaan duniawi selalu menyertai manusia.

  8. Apakah mujahadah sama dengan jihad?

    Ya, mujahadah sering disebut sebagai “jihad nafsu” karena merupakan perjuangan melawan hawa nafsu dan godaan duniawi.

  9. Apa saja contoh mujahadah ashghar?

    Contoh mujahadah ashghar meliputi menahan marah, menahan nafsu makan, dan menjauhi pergaulan bebas.

  10. Apa saja contoh mujahadah akhbar?

    Contoh mujahadah akhbar meliputi membela negara, melawan penindasan, dan menegakkan keadilan.

  11. Apakah mujahadah wajib dilakukan?

    Mujahadah bukan merupakan kewajiban agama, namun sangat dianjurkan untuk dilakukan karena memiliki banyak manfaat.

  12. Siapa saja yang bisa melakukan mujahadah?

    Mujahadah dapat dilakukan oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda.

  13. Apa saja manfaat mujahadah?

    Manfaat mujahadah meliputi memperoleh ridha Allah SWT, mencapai kebahagiaan dan kesempurnaan, serta memperoleh pahala yang besar.

    Kesimpulan

    Mujahadah adalah sebuah jalan yang ditempuh oleh orang-orang yang ingin mencapai ketaatan yang sempurna kepada Allah SWT. Dengan bermujahadah, seorang Muslim dapat mengendalikan nafsu, menyingkirkan sifat-sifat buruk, dan meningkatkan kualitas ibadah.

    Meskipun tidak mudah, mujahadah sangat dianjurkan untuk dilakukan karena memiliki banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, marilah kita berusaha untuk menjalankan mujahadah dengan sungguh-sungguh, agar kita dapat meraih kebahagiaan dan kesempurnaan yang sejati.

    Disclaimer

    Artikel ini disusun berdasarkan sumber-sumber terpercaya dan pandangan para ahli. Namun, perlu diingat bahwa mujahadah adalah sebuah praktik keagamaan yang harus